Tim Pengawasan DPR RI

FUNGSI ELNINO SEBAGAI ANGGOTA TIM PENGAWASAN TKI-DPR RI

Di DPR-RI, selain Komisi-Komisi dan Badan-Badan, juga dibentuk beberapa tim kerja yang bertugas spesifik semisal Panitia Khusus (Pansus) dan Tim- Was (Tim Pengawasan) untuk persoalan tertentu. Elnino diberi tugas sebagai anggota Timwas Tenaga Kerja Indonesia yang diketuai oleh Fahri Hamzah sebagai pimpinan DPR-RI.

Dalam isu TKI ini, seluruh anggota berusaha untuk mengurai ‘benang-kusut’ berbagai persoalan Tenaga Kerja Indonesia, terutama para buruh migran yang merantau ke negara lain. Sedikit demi sedikit Timwas ini berkontribusi membantu aparatur pemerintah dan swasta yang berkaitan dengan TKI (Menteri Tenaga Kerja, BNP2TKI, dll) dalam memperbaiki peraturan maupun proses pengiriman tenaga kerja, sejak dari tahapan Pra-Penempatan (rekrutmen dan pelatihan), Penempatan (bekerja di luar negeri), hingga Pasca-Penempatan (sepulangnya TKI ke Indonesia).

Namun, sesungguhnya, bagi Elnino, memang penting untuk mengurus para buruh migran tersebut, tetapi penting juga meminta pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan yang jitu untuk membangun ekonomi negara agar tercipta lapangan pekerjaan yang benar-benar layak bagi rakyat Indonesia agar rakyat kita memilih bekerja di dalam negeri ketimbang mengadu nasib ke luar negeri dengan kualifikasi tenaga-kerja yang tidak cukup.