LAMAHU Sumbang 20 Ventilator untuk Rumah Sakit di Gorontalo

Sebanyak 20 ventilator atau mesin untuk menunjang atau membantu pernafasan, diboyong LAMAHU ke Gorontalo untuk membantu Rumah Sakit (RS) menangani pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Bantuan diserahkan secara simbolis ketua umum LAMAHU, Fadel Muhamad dan diterima Direktur RSUD Aloei Saboe, dr. Andang Ilato yang disaksikan oleh Walikota Gorontalo, Marten Taha, anggota DPR RI, Elnino Mohi yang juga wakil ketua umum LAMAHU di aula RSUD Aloei Saboe, Rabu (3/3) kemarin.

“Alhamdulillah, pada hari ini kami berkesempatan hadir untuk menyerahkan bantuan ventilator ke rumah sakit yang ada di Gorontalo. Bantuan ini merupakan sumbangan dari PT. PINDAD yang direkturnya adalah sahabat saya bapak Abraham Mose. Di LAMAHU beliau adalah wakil ketua umum,” ucap Fadel diawal sambutannya pada kegiatan tersebut.

Menurut Fadel yang juga wakil ketua MPR RI itu, bantuan ventilator ini merupakan bagian dari program LAMAHU periode 2020-2025. “Ada tiga program kami, yakni pengembangan SDM, membumikan adat dan budaya Gorontalo dan program sosial kemasayarakatan. Nah, penyerahan bantuan hari ini adalah program sosial kemasyarakatan LAMAHU,” kata Fadel.

Ia menambahkan, jika tak ada aral melintang, pada bulan Ramadhan nanti, LAMAHU akan datang lagi ke Gorontalo dalam rangka menggelar pasar murah. “Insya Allah, Ramadhan nanti, atau tepatnya menjelang Idul Fitri kami akan menggelar pasar murah. Nanti, pak wali, kegiatannya akan kita pusatkan di Kota Gorontalo,” kata Fadel.

Ditempat yang sama, Walikota Gorontalo, Marten Taha menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada LAMAHU yang telah menaruh perhatian besar kepada pemerintah di Gorontalo dalam menangani pasien Covid-19.

“Yang pertama saya ingin sampaikan adalah terima kasih dan apresiasi kepada LAMAHU yang telah memberikan perhatian besar kepada masyarakat Gorontalo. Meski ini bantuan untuk rumah sakit, tapi ini untuk kepentingan masyarakat berupa ventilaltor, alat kesehatan yang sangat dibutuhkan penanganan Covid-19. Karena Covid itu kan berakibat sesak nafas. Nah, ventilator ini adalah alat paling akhir dalam mengatasi gangguan pernafasan,” ujar Marten.

Senada dengan Marten, ketua IDI Gorontalo, dr. Isman Jusuf menyampaikan apresiasi kepada LAMAHU yang telah membantu RS di Gorontalo untuk menangani pasien Corona. Menurutnya, ventilator sangat dibutuhkan RS di Gorontalo. Hal ini dikarenakan, ventilator di Gorontalo sangat terbatas.

“Alhamdulillah, terima kasih pak Fadel atas bantuan ventilatornya. Kemarin waktu webinar dengan pak dirut PT. PINDAD kami bermohon 10, tapi pak Fadel minta untuk ditambah 10, hingga akhirnya menjadi 10 unit,” ucap Isman.

Adapun RS yang menerima bantuan ventilator dari LAMAHU, terdiri dari RSUD Aloei Saboe , RSUD Otanaha, RS Islam, RS Siti Khadijah, RS Bunda, RS Multazam, RSUD Toto, RS Dunda, RSUD Bumi Panua, RSUD Tani dan Nelayan, dan RSUD Zainal Umar Sidiki. Pada kesempatan itu pula, LAMAHU juga menyerahkan bantuan bahan pokok kepada cleaning service yang bertugas di RSUD Aloei Saboe. Bantuan diserahkan oleh Hana Hasanah Fadel Muhamad.

Start typing and press Enter to search